Friday, February 1, 2013


Apakah Plastik Benar-Benar Berbahaya?





Halo kawan-kawan semua pasti tau apa itu plastik dan pasti semua orang pasti membutuhkan plastik untuk membantu kehidupan sehari-hari. Sebenarnya apa sih keistimewaan plastik yang menyebabkan semua orang menggunakan plastik?? Jadi sobat plastik itu adalah proses produksinya memerlukan energi yang jauh lebih hemat dibandingkan
kantong kertas. Keistimweaan plastik yang kedua adalah plastik memiliki bobot yang ringan, praktis, dan tidak mudah pecah. Jadi initinya yang harus teman-teman lakukan saat ini adalah bukan memusuhi plastik, tetapi menemukan solusi mempercepat proses penguraian plastik, Sobat pasti udah tau dong kalau plastik itu butuh ratusan tahun untuk diurai, makanya kita harus mencari solusinya agar plastik tersebut dapat diuraikan lebih singkat dengan hanya beberapa tahun.


Teman-teman tau gak kalau plastik itu berasal dari jasad renik (mikroorganisme) dari tumbuhan laut yang mati dan mengendap di dasar bumi. Jadi pelapukan tersebut akan bertransformasi jasad-jasad renik yang selanjutnya menjadi minyak bumi dan menjadi bahan dasar plastik.

Oh ya kawan ada seorang pakar kimia plastik dari Amerika, yaitu Steven Hetges yang menyatakan kalau plastik itu sebenarnya tidak membahayakan. Kesimpulan itu diperoleh melalui sebuah penelitian yang dilakukan secara hati-hati oleh pemerintah maupun badan-badan peneliti di dunia sobat.



Teman-teman yang mengagetkan lagi bahwa di Samudra Pasifik, kedalaman sampah plastik hampir 150 meter. Kira-kira ada 35 ngeara di sekitar Samudra Pasifik yang mengakhiri sampahnya di Samudra Pasifik. Dan sekitar 90% isi di Samudra Pasifik adalah sampah plastik.

Di Amerika sejak tahun 80-an sudah menerapkan disiplin  Tapi nyatanya, tidak lebih dari 1 % yang berhasil di recycle. Padahal sebenarnya recycle itu bagus. Itupun negara maju. Bagaimana dengan negara tercinta kita ini?


Kita semua pasti tau bahwa plastik itu berasal dari bahan organik. tapi kenapa orang pikir plastik itu racun? Itu karena recycling, yang memasukkan kontaminasi. Warna hitam pada plastik itu kemungkinan benar hasil dari recycle, dan itulah yang menyebabkan plastik sangat beracun karena kontaminasi dari hasil recycle itu sendiri.

Tapi tenang teman kini solusi tersebut telah terealisasikan dengan munculnya OXIUM, yaitu aditif yang dapat mempercepat terjadinya proses degredasi plastik dalam waktu kurang dari 2 tahun melalui mekanisme oksidasi, thermal, dan fotodegradasi. Tetapi sekarang pusat-pusat pertokoan yang telah menggunakan OXIUM sebagai shopping bag contohnya adalah Indomaret, Alfamart, Carrefour, Alfa Express, Alfa Midi, Premium Factory Outlet, SuperIndo, Hero, Giant, Guardian, Century, Kemchicks, Gramedia, Zara, Time Zone, dan pertokoan lainnya.

Jadi kawan-kawan, jangan musuhi plastik lagi ya! Kita bisa berteman denga plastik, asalkan plastik tersebut ramah lingkungan dan dapat terurai dengan cepat. Tetap yang terpenting jaga lingkunganmu dengan bersih ya sobat, dengan cara tidak membuang plastik sembarangan lebih baik kita simpan, kan plastik tersebut bisa kita gunakkan lagi untuk keperluan lainnya. Sobat pada setuju gak?? heheh


0 comments:

Post a Comment