Friday, February 1, 2013


Sebenarnya Apasih Manfaat tumbuhan bagi kita dan dunia???

 Hai sobat kalian pasti taukan apa itu tumbuhan.  Mahkluk hidup yang memiliki daun, batang dan akar itulah tumbuhan. Tumbuhan itu bisa menghasilkan makan sendiri. Makanan tersebut  tidak hanya dimanfaatkan untuk tumbuhan itu sendiri, tetapi juga manusia dan hewan. Karena 
menghasilkan O2 atau oksigen, dan mengubah karbon dioksida atau CO2 oksigen yang dapat digunakan oleh makhluk hidup lainnya.

Tau gak sih kawan-kawan  pentingnya peranan tumbuhan bagi

kelangsunggan hidup. Tumbuhan itu selain sebagai produsen pertama pada rantai makan, ternyata memiliki peranan penting sebagai penghasil oksigen terbesar serta menangani krisis lingkungan. Tetapi teman-teman taukan sekarang kenyataannya, pembangunan perkantoran, perumahan, dan lainnya dibangun di lahan pertanian maupun ruang terbuka hijau. Padahalkan tumbuhan dalam ekosistem berperan sebagai produsen pertama. Tumbuhan juga melakukan proses untuk menjaring CO2 dan melepaskan O2 kembali ke udara. Makanya itu dengan meningkatkan penghijauan maka kita mengurangi dampak pencemaran udara, mengurangi CO2 atau polutan lainnya, mengurangi dampak dari gangguan iklim, ataupun efek rumah kaca.


Kawan-Kawan Tau gak 10 manfaat tumbuhan hijau bagi makhluk hidup, seperti berikut:
1.   Sebagai paru-paru dunia

Kawan tumbuhan itu berperan sebagai paru-paru dunia karena tumbuhan itu menghasilkan zat asam(O2) yang sangat diperlukan bagi mahkluk hidup untuk pernafasan makhluk hidup lainnya.


2. Pengatur lingkungan

Kalian pasti pernah mersakan sejuk dan segar karena oksigen yang dihasilkan pohon .


3. Penyeimbang alam
  
Merupakan pembentuk tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup disekitarnya.

4. Perlindungan terhadap kondisi fisik alami

Pohon juga dapat melindungi dari angin kencang, terik matahari, debu-debu, kebisingan suara dari kendaraan maupun pabrik dll.


5. Keindahan

Coba teman-teman perhatikan, sobat lebih suka suasana hijau di bukit atau kegersangan yang biasanya di kota-kota besar. Tentu saja kehijauan di bukitkan karena pohon yang memberikan keindahan di mata kita.

6. Pencipta lingkungan hidup



7. Kesehatan

Tumbuhan juga dimanfaatkan untuk bahan obat-obatan
 
9. Pencegahan bencana alam

Tentu saja dengan adanya pohon-pohon akan mencegah banjir,

8. Edukatif (rekreasi dan pendidikan)
Kawan-kawan pasti tau kalau tumbuhan juga dijadikan pembelajaran untuk menambah ilmu agar lebih mengenal tumbuhan

10. Sosial politik ekonomi






0 comments:

Post a Comment