Friday, February 1, 2013


Taukah kamu 9 Tanaman Terampuh untuk Mencegah Global Warming??!

1.   Kembang Sepatu

Selanjutnya bunga kembang sepatu. Selain bunganya yang cantik ternyata bunga kembang sepatu ini dapat menyerap nitrogen sehingga membuat paru-paru kita jadi lega. Wah hebat ya, jadi pingin nanem
bunga cantik ini di sekita rumah nih biar dada jadi adem :D eiiiitssss Namun teman-teman jangan sekali-sekali menanam bunga kembang sepatu ini di dekat ruang Radiografi ya! karena Tanaman ini berfungsi meneruskan radiasi jadi berbahaya bagi orang di sekitar tempat radiografi tersebut. 


2.   POHON KELENGKENG

 Siapapun tahu betapa enaknya rasa buah kelengkeng. Namun tahukah Anda, bahwa pohon kelengkeng mampu meredam polusi suara. Itu sebabnya pada pabrik-pabrik yang menggunakan genset, ada baiknya menanam pohon ini di dekat genset tersebut.


3.   Sansevieria 

Teman-teman tau gak bunga sensevieria? Ituloh yang biasanya kita sebut bunga lidah mertua. Walaupun bentuknya yang biasa tetapi sensevieria ini mampu menyerap 107 jenis racun, termasuk asap rokok, polusi udara, sampai radiasi nuklir. Jadi gak heran kalau biasanya tanaman ini terdapat di dalam rumah, jadi nggak kuatir lagi deh sama asap rokok ayah yang sangat menggagu banget itu, iya kan! Heheh


4.   Lumut

Ihhhhh kok lumut sih?? Itukan jorok dan licin?!! Ehhhhhh jangan salah sobat Lumut yang menempel di batang pohon ini bisa mendeteksi tingkat polusi udara suatu tempat. Jadinya semakin banyak lumut menempel di sebuah pohon tersebut berarti semakin baik kualitas udara di tempat itu. Gimana nih teman-teman pohon sekitar rumah kalian benyak lumutnya gak? Kalau tidak berarti udara kalian kurang bersih. Makanya tanam pohon yang banyak ya!! :)


5.   Tanaman Sirih Belanda

selanjutnya tanaman sirih belanda? Pasti tau dong soalnya Tanaman perdu ini biasa tumbuh dimana saja, termasuk di dalam pot. Tanaman sirih ini berfungsi menyerap formaldehida dan benzena. jadinya rumah pun lebih segar.


6.   POHON DADAP MERAH

Teman-teman pasti tau dong Pohon unik satu ini. Kita biasanya bisa menjupai pohon dadap merah ini halaman terbuka, karena bisa mengundang datangnya para burung. Soalnya berbagai jenis burung suka sekali menyantap buah si dadap merah ini. Wah ternyata pohon dadap merah ini banyak banget yang manfaatnya heheh,


7.   Pohon Trembesi

Temen-temen taukan pohon besar yang biasanya ada dipinggir-pinggir jalan. Nah, itulah yang namanya pohon Trembesi. Pohon ini menyerap karbondioksida dalam jumlah yang sangat banyak, jadi sangat disarankan pohon ini untuk ditanam sebagai pohon penghijauan, sebab itu pohon ini biasanya terdapat dijalan-jalan besar. Namun pohon trembesi ini membutuhkan lahan yang cukup luas.


8.   Bungur

Pohon bungur ini dikenal mampu menyerap polutan seperti timbal.  Maka pohon ini sebaiknya ditanam untuk penghijauan di kota-kota besar, dekat jalan protokol yang padat lalu lintasnya. Bukan rahasia lagi kalau kendaraan bermotor menjadi penyumbang timbal terbesar di udara.

9.   Mahoni

Nah teman-teman yang terakhir adalah pohon Mahoni. eperti halnya Bungur, mahoni yang mempunyai batang besar ini dapat menyerappolutan seperti timbal dari kendaraan. Makanya kawan-kawan pohon ini juga termasuk pohon yang dijadikan pohon untuk penghijauan kota.

0 comments:

Post a Comment